6 Karya Seni Indonesia Yang Paling Populer

6 Karya Seni Indonesia Yang Paling Populer

Bagi orang asing dan penyuka hasil kerajinan tradisional Indonesia, mengkoleksi handicrafts dan art objects asal Indonesia bukan urusan mudah. Bukan lantaran sulit ditemukan, apalagi soal harga mahal, sama sekali bukan. Melainkan diversitas atau keragaman yang begitu luar biasa, sehingga para kolektor harus megkhususkan diri untuk menyukai jenis tertentu.


Berikut adalah hasil dari karya seni Indonesia yang paling populer.

1. Kain

Inilah salah satu karya tradisional nusantara yang paling beragam. Mulai dari batik tulis dan batik cap Jawa, kain ikat Nusa Tenggara, sarung sutra dari Sulawesi, kain Prada Bali, kain songket gemerlap atau tenun ikat dari palembang, hingga Tapis dari Lampung.

Kerajinan kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia tidak saja menggunakan material atau bahan berbeda, namun juga perbedaan metode, warna, dan desain. Bahkan setiap simbol dan desain memiliki makna dan digunakan untuk keperluan berbeda. Misalnya, ada desain dan warna khusus yang hanya boleh digunakan keluarga kerajaan, ada desain yang khusus untuk kaum pria atau khusus untuk wanita, desain khusus mempelai, peristiwa kelahiran, kematian, hingga upacara ritual dan keagamaan. Intinya, kain tradisional Indonesia memainkan peranan penting dalam berbagai upacara tradisional.


2. Wayang

Wayang dalam media dan bentuk yang berbeda-beda sudah digunakan di Tanah Air selama berabad-abad untuk menyampaikan kisah atau epik kuno yang penuh makna dan pelajaran akan kehidupan. Misalnya kisah Ramayana dan Mahabarata atau kisah mitos kuno lainnya. Di masa modern, wayang yang merupakan peninggalan kuno tetap digunakan untuk menyampaikan pesan kepada para audiens modern.

Secara umum, wayang terdiri dari dua kategori besar yaitu wayang kulit dari Jawa Tengah dan wayang golek dari Jawa Barat yang terbuat dari bahan kayu. Ada pula wayang klitik yang terbuat dari material kayu namun dalam bentuk pipih seperti wayang kulit.



3. Keramik

Keramik masuk ke Indonesia melalui pedagang-pedagang China sejak masa 205 SM. Dewasa ini ada keramik yang antik maupun keramik yang diproduksi di era modern dengan desain dan bentuk antik. Semua bisa dilihat di Museum Keramik Jakarta. namun yang merupakan asli karya Indonesia adalah kerajinan tembikar asal Lombok, ataupun tembikar buatan desa Kasongan DIY.

4. Kerajinan Dari Bahan Alam

Alam Indonesia yang kaya raya menyediakan beragam bahan alami yang kemudian mampu dijadikan sebuah karya seni indah olah tangan-tangan seni. Sejumlah serat alami yang kerap dijadikan bahan, antara lain serat daun pandan, rotan, bambu dan jerami. Selain itu, ada pula beragam kerajinan tangan yang menggunakan bahan yang disediakan alam seperti dari bahan tulang, karet, batok kelapa, kerang, tanduk hewan.

Khusus hasil kerajinan dari bahan kulit kerang, Indoensia boleh disebut pusatnya. Ini sangat dimungkinkan lantaran wilayah geografis Indonesia yang merupakan negeri kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau.

5. Ukiran Kayu & Batu

Ukiran atau pahatan kayu tiga dimensi menjadi salah satu ciri khas Indoensia yang mendunia. Seni mengukir kayu ini, termasuk topeng bisa diterima di berbagai daerah di Indonesia dengan keunikan dan kekhasan masing-masing. Yang paling populer tentu saja ukiran Bali dan Jawa Tengah meskipun ukiran yang berasal dari Jawa Barat, Madura, Sumatera dan Papua juga tak kalah indah dan anggunnya. Khusus ukiran batu, umumnya bisa ditemui di daerah Bali & Yogyakarta.

6. Instrumen Musik

Diversitas klutural selain menghasilkan keragaman karya seni juga membuat perbedaan pada tradisi seni musik dan instrumen musik tradisional. Maka lahirlah Angkling di Jawa Barat, Gamelan dari Yogyakarta dan Bali, Kolintang dari Minahasa, hingga alat musik petik lima nada Sasando dari Flores.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.